Akper YAPPI Sragen 100% lulus ukom

STR (Surat Tanda Registrasi) menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan adalah bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing tenaga kesehatan kepada tenaga kesehatan yang telah diregistrasi. Bukan tanpa sebab registrasi tersebut sebagai upaya pemerintah dan organisasi profesi untuk menjamin kualitas dari SDM Kesehatan. Surat registrasi tenaga kesehatan didapatkan melalui ujian kompetensi (UKOM) yang diadakan oleh masing-masing organisasi profesi. Dokter, bidan, fisioterapi, dan profesi kesehatan lain termasuk profesi perawat tentunya termasuk profesi yang harus mengikuti regulasi tersebut.
Ukom pada tahun 2021 merupakan UKOM pertama dengan penerapan exit exam. Berbeda dengan tahun sebelumnya hasil ukom tidak berpengaruh terhadap akademik, namun dengan sistem ini hasil UKOM mempunyai andil terhadap proses akademik khususnya wisuda. Mahasiswa yang tidak lulus UKOM tidak bisa di wisuda dan tentunya ini menjadikan momok bagi mahasiswa di semua berbagai institusi pendidikan bidang kesehatan.
Akper YAPPI Sragen sebagai perguruan tinggi bidang kesehatan (Perawat) pun tentunya harus merespon kebijakan exit exam tersebut. Berbagai strategi harus di siapkan dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi UKOM yang telah diselengarakan 13-16 Agustus 2021 lalu. “Dalam rangka sukses UKOM 100% tahun 2021 kami memberikan bimbingan ekstra kepada setiap mahasiswa melalui kelompok bimbingan. Masing-masing kelompok didampingi oleh satu dosen untuk belajar, membaca, mengulas dan menganalisis contoh soal kasus serupa soal UKOM yang dirancang dosen. Kami menekankan terhadap penguatan analisis mahasiswa, mengingat soal UKOM terdiri dari soal kasus dengan berbagai kompetensi. Jauh sebelum itu kami juga menerapkan latihan penguatan analisis dengan memasukkan soal-soal serupa UKOM ke dalam berbagai kegiatan akademik termasuk di ujian semester, Uji Skill di Laboratorium sehingga mahasiswa lebih terbiasa dengan soal kasus” Terang Kunaryanti, S. Kep., Ns., M. K. M selaku Wadir I bid Pendidikan.
“Alhamdulillah, tahun ini mahasiswa kami bisa lulus ukom 100%, tentunya ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan buat kami di akademik dan tentunya mahasiswa. Hasil ini sudah cukup lama dinantikan oleh banyak perguruan tinggi kesehatan dan mahasiswa, pasalnya tahun ini adalah tahun pertama diberlakukanya UKOM dengan metode Exit-Exam. Metode ini cukup membuat stres bagi perguruan tinggi dan mahasiswa karena hasil UKOM ini menentukan apakah mahasiswa dapat mengikuti wisuda atau tidak, dan alhamdulillah hari ini sudah terjawab sehingga kami bisa mewisuda seluruh mahasiswa yaitu sejumlah 48 mahasiswa” tutur Muh Sowwam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *