Beasiswa dan bantuan UKT Gasal 2021

Pandemi Covid 19 memberikan dampak hampir di semua sektor termasuk sektor pendidikan. Pemerintah melalui PUSLAPDIK (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan) memberikan perhatian yang cukup biasa terhadap sektor pendidikan yang terdampak pandemi covid 19. Kebijakan tersebut diambil demi keberlangsungan Perguruan Tinggi dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan agar dapat terbantu dan tidak terputus kuliah karena masalah ekonomi akibat dampak covid 19. Berbagai terobosan diambil pemerintah melalui kemenristekdikti antara lain dengan memberikan bantuan berupa beasiswa baik KIPK maupun KIPK usulan masyarakat melalui aspirasi anggota dewan dari salah satu partai politik. Tidak hanya itu kemenristekdikti melalui PUSLAPDIK juga memberikan bantuan UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk mahasiswa yang terdampak covid 19.
Akademi keperawatan YAPPI Sragen adalah salah satu perguruan tinggi yang masuk dalam wilayah LLDIKTI 6 Jawa Tengah dan mendapatkan kuota baik beasiswa dan bantuan UKT. “Ya kami (Akper YAPPI Sragen) di semester gasal tahun ajaran 2021-2022 ini mendapatkan cukup banyak kuota diantaranya kuota KIPK sebanyak 8 kuota, hingga saat ini terserap 5 kuota. Sedangkan untuk KIPK usulan masyarakat ada 2 mahasiswa baik di semester 1 dan semester 3. Untuk bantuan UKT kami mendapatkan kuota sejumlah 12 kuota. Rencana untuk bantuan UKT kami akan melakukan ajuan penambahan kuota sebanyak 8 kuota melalui sistem KIPK ke LLDIKTI 6. Besar harapan kami nantinya ajuan ini bisa di terima dari LLDIKTI 6 sehingga total kuota bantuan UKT menjadi 20 kuota. Pengajuan bantua UKT ini paling lambat kami terima selasa 21 September 2021 ” Papar Sudaryanto selaku bidang III kemahasiswaan, alumni dan kerjasama.
“Kami berharap berbagai beasiswa dan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sehingga sedikit bisa membantu orang tua dalam hal pembiayaan kuliah di Akper YAPPI Sragen” Tandas Muh Sowwam Selaku Direktur.
Mahasiswa menyambut dengan baik terkait beasiswa dan bantuan tersebut, terbukti dari banyaknya mahasiswa yang antusias dan berlomba-lomba untuk mengajukan baik beasiswa maupun bantuan UKT. Hingga saat ini sudah lebih dari 10 mahasiswa yang mengajukan khususnya bantuan UKT padahal baru beberapa hari kami umumkan ke mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *