Pelaksanaan Pelatihan BTCLS Tahun 2021

KAMIS—Basic Trauma Cardiac Life Support atau yang sering di singkat dengan BTCLS merupakan salah satu pelatihan yang menitikberatkan kompetensi kegawatdaruratan yang harus dikuasai oleh seorang perawat. Hal ini juga yang mendorong Institusi Akper YAPPI Sragen dalam menyelenggarakan pelatihan tersebut. Kegiatan BTCLS yang diselenggarakan Akper YAPPI Sragen bekerjasama dengan Tim MST 119 Jakarta terlaksana pada tanggal 19 – 22 Agustus 2021.
Dalam sambutannya Ketua Panitia BTCLS Akper YAPPI Sragen Bp. Sudaryanto, S.Kep.,Ns.,M.K.M melaporkan pelaksanaan Pelatihan BTCLS kali ini di ikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari 46 mahasiswa dan 3 peserta dari luar institusi. dalam sambutanya ketua panitia kegiatan BTCLS berharap semoga selama 4 hari kedepan pelatihan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Proses pelatihan BTCLS tetap menerapkan Prokes dan mematuhi PPKM, dimana 2 hari pelatihan dilakukan secara online dengan pengajaran materi dan teori. Di hari ketiga pelatihan, semua peserta harus mengikuti praktek pelatihan dimana akan dipandu oleh Tim 119 dengan maksud untuk mempraktekan teori yang mereka dapat.
Di akhir hari ke empat semua peserta melakukan simulasi kegiatan dilapangan, dimana simulasi tersebut terjadi sebuah kecelakaan yang mengharuskan semua peserta bertindak sesuai yang diajarkan seperti pertolongan kegawatdaruratan.
Pelatihan berakhir pukul 15.00 WIB, dalam Penutupannya Direktur Akper YAPPI Sragen selaku Penanggungjawab Pelatihan Bp. Muh. Sowwam, S.Kep.,Ns.,M.Kes mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim 119, panitia serta semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, serta berpesan kepada semua peserta pelatihan agar dapat mempraktekkan apa yang mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari khususnya nanti di dunia kerja mereka sesuai kompetensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *