Wisuda Akper dan Akbid YAPPI

28 Agustus 2019
Rabu 28 Agustus 2019 tampak berjajar mahasiswa Akper dan Akbid YAPPI Sragen mengenakan toga dengan wajah ceria. iya, bukan tanpa alasan karena di hari tersebut merupakan hari yang istimewa bagi mahasiswa tersebut karena mereka akan melaksanakan kegiatan akademik terakhir yaitu wisuda.
Setelah digembleng selama 3 tahun dalam proses perkuliahan yang penuh dengan proses pembelajaran baik di kelas, dilaboratorium,di rumah sakit dan puskesmas, penugasan dan pembuatan karya tulis ilmiah akhirnya lelah yang selama ini ditebus dengan hari yang sangat membahagiakan dan membanggakan bagi wisudawan dan tentunya orang tua atau wali wisudawan.
Prosesi wisuda diawali dengan pembukaan sidang senat terbuka oleh ketua senat (dalam hal ini direktur Akper YAPPI Sragen Muh Sowwam, S. Kep., Ns., M. Kes) dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan seterusnya dan diakhiri dengan penutupan sidang senat. Pada kesempatan yang sama turut hadir dalam prosesi tersebut diantaranya kepala L2dikti wilayah 6 Jawatengah, Ketua PPNI propinsi Jawa Tengah, Ketua IBI Jawa Tengah, ketua PPNI Kabupaten Sragen, Kepala Bank BPD Jateng, Bank Muamalat, Ketua yayasan YAPPI Sragen, Bupati Sragen, budi sehat dan tamu undangan lainya.
Wisuda kali ini merupakan wisuda ke 15 untuk akper YAPPI Sragen dan ke 11 untuk Akbid YAPPI Sragen dengan jumlah total mahasiswa yang diwisuda sebanyak 68 mahasiswa terdiri dari 56 wisudawan Akper dan 12 Akbid YAPPI Sragen.
“ke depan penyelenggara pendidikan dalam hal ini yayasan perlu untuk lebih meningkatkan khususnya SDM dosen sampai ke level doktor dan tenaga kependidikan untuk menghadapi tantangan dimasa mendatang. L2dikti menyambut baik niat yayasan untuk merubah bentuk dari Akper dan Akbid menjadi politeknik, jika nanti benar terwujud maka YAPPI dapat menyelenggarakan pendidikan dari tingkat DIII sampai jenjang pascasarjana” tandas Hendradi mewakili sambutan dari kepala L2dikti.
“Saat ini Akper YAPPI Sragen telah meluluskan sebanyak 727 alumni yang tersebar diberbagai wilayah baik didalam negeri bahkan luar negeri. Saat ini tercatat ada 8 MoU yang berhasil kami jalin khususnya dalam hal penyaluran kerja diantaranya RS Bina Husada Cibinong, Bahana Inspirasi Muda, Momiji Solo, Hikari World Global, Klinik Rifda medika, Klinik wyanda medika, klinik al Fattah sumberlawang, klinik Dian Medisa Sambungmacan yang inshaallah siap memfasilitasi alumni untuk bekerja. Kami memotivasi mahasiswa untuk bekerja keluar negeri khususnya ke jepang dan Alhamdulillah saat ini tercatat kurang lebih 10 mahasiswa yang sedang berproses dan sudah bekerja di Jepang” ucap Muh Sowwam, S. Kep., Ns., M. Kes dalam sambutanya.
Dalam prosesi wisuda ucap sumpah profesi menjadi prosesi yang paling sakral. Dalam prosesi ini selaku pengambil sumpah adalah ketua PPNI dan IBI Propinsi Jawa Tengah beserta rohaniawan Islam dan Hindu. Rangkaian acara berlanjut dengan pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dan persembahan dari wakil wisudawan serta diakhiri dengan penutupan siding senat. Ini bukan akhir namun awal dari perjalanan hidup yang sesungguhnya, selamat bagi wisudawan dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *