Akper YAPPI berkurban

9 Agustus 2019
Idul Adha merupakan hari raya dalam agama Islam. Ditahun ini hari raya tersebut jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Peringatan hari raya tersebut tentunya tidak terlepas dari sejarah, ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembeli putranya, kemudian oleh Allah SWT sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.
Tepat pada hari raya tersebut umat Islam berbondong-bondong berkumpul untuk melaksanakan ibadah salat idul adha bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul fitri. Penyembelihan hewan kurban biasanya dilakukan oleh umat muslim setelah sholat idul adha selesai dilaksanakan.
“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah di rezekikan Allah kepada mereka, Maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah) ” (Q.S Al-Hajj: 34)
Pada kesempatan kali ini Akper YAPPI Sragen menyalurkan 4 hewan kurban berupa kambing ke beberapa masjid di sekitar kabupaten Sragen. Beberapa diantaranya yaitu Masjid Al-Ikhlas Denanyar Tangen, Masjid Nurul Fat-h Ngrombo Tangen, Masjid Nurul Ikhsan Ngombo Tangen dan Masjid Ar Rasyid Pendem Kecamatan Sumberlawang.
“Penyaluran hewan kurban telah menjadi rutinitas tiap tahun, dana dihimpun dari seluruh mahasiswa dan civitas Akper YAPPI Sragen. biasanya hewan kurban kami akan distribusikan diwilayah-wilayah yang membutuhkan. Kegiatan ini merupakan salah satu media untuk melatih mahasiswa dan civitas akademika untuk berkurban” tandas Sudaryanto S. Kep, Ns., M.K.M selaku wakil direktur bidang III sekaligus koordinator kegiatan kurban.
Akhirnya, Semoga dengan ini dapat menambah keberkahan bagi institusi Akper YAPPI Sragen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *