57 mahasiswa melakukan PKK Komunitas

Tepatnya Senin 28 Januari 2019 bertempat di Balaidesa Banaran Sambungmacan Akper YAPPI Sragen menyerahkan sebanyak 57 mahasiswa ke Pihak Desa Banaran. Muh Sowwam, S. Kep, Ns., M. Kes selaku Direktur Akper YAPPI Sragen dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam kegiatan PKK (Praktik Klinik Keperawatan) Komunitas dan keluarga ini akan dilaksanakan selama 3 minggu dari tanggal 28 Januari 2019 sampai dengan 16 Februari 2019. Mahasiswa yang telah dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing akan melakukan pendidikan kesehatan ke warga Desa Banaran. Selain itu setiap mahasiswa juga diwajibkan untuk membina satu keluarga terutama keluarga yang mempunyai masalah kesehatan. Selain itu setiap kelompok diwajibkan untuk bekerjasama dengan pihak sekolah baik SMA/K, SMP, SD maupun pondok pesantren dan institusi lainya melalui UKS di sekolah untuk melakukan kegiatan misalnya pendidikan kesehatan.
Dalam acara serah terima mahasiswa dalam rangka PKK Komunitas ini turut serta hadir Camat Sambungmacan, Kepala Puskesmas Sambungmacan II, Babinsa dan Kepala Desa Banaran. Pandoyo selaku Sekdes Desa banaran menyambut dan menerima dengan baik mahasiswa dan kegiatan ini, diharapkan nantinya kegiatan ini mempunyai dampak positif bagi warga Desa banaran. Dalam sambutanya camat Sambungmacan berpesan kepada mahasiswa khususnya untuk tidak membawa unsur politik dalam kegiatan ini karena tahun ini adalah tahun politik, jaga etika norma-norma yang berlaku di Desa Banaran.
Kepala puskesmas Sambungmacan menyampaikan beberapa informasi kepada mahasiswa khususnya terkait dengan masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja Sambungmacan. Penyakit tidak menular (PTM) menjadi trend di wilayah kerjanya karena prevalensinya semakin meningkat.
Sambutan terakhir dari babinsa Desa banaran menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk berhati-hati, menjaga kesehatan, jaga sopan santun dan perilaku jangan bawa politik dalam kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *