Caping Day Akper YAPPI Sragen

Rabu 5 Desember 2018, Akper YAPPI Sragen mengadakan kegiatan “CAPING DAY” ucap janji sekaligus penyematan lencana di IPHI Kab Sragen kepada sebanyak 56 mahasiswanya. Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan CAPING DAY tahun sebelumnya, pasalnya kegiatan sebelumnya dilakukan di semester 2 namun pada tahun ini dilakukan pada semester 3. Hal itu dikarenakan kurikulum yang berbeda antara tahun sebelumnya dengan tahun sekarang. Kurikulum tahun 2014 ini menempatkan kegiatan praktikum pada semester 4 maka dari itu kegiatan CAPING DAY di semester 3.
Dalam acara tersebut turut hadir tamu undangan dari DKK Kab. Sragen, Ketua PPNI Kab. Sragen, jajaran yayasan YAPPI Sragen, Struktural Akbid YAPPI Sragen, RSUD. Dr. Soeratno Gemolong, RSUD. Dr. Soehadi Prijonegoro, RSJD. Surakarta dan RSI Amal Sehat Sragen.
CAPING DAY sendiri merupakan ceremony pemasangan CAP kepada mahasiswa sebelum masuk ke lahan. Roh dalam kegiatan ini adalah pada acara sumpah sekaligus penandatanganan naskah sumpah dan penyerahan mahasiswa ke lahan praktek. Pembacaan naskah dibacakan oleh perwakilan mahasiswa Faik Ahmad yang sekaligus juga ketua BEM Akper YAPPI Sragen sedangkan penyerahan mahasiswa ke lahan diwakili oleh Muh Sowwam, S. Kep, Ns, M. Kes selaku Direktur Akper YAPPI Sragen dan kepala dinas Kab. Sragen dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ali Ahmadi, SKM, MM.
Muh Sowwam dalam sambutanya menyampaikan dari makna sumpah, selain itu juga menyampaikan informasi terkait profil kampus. “Akper YAPPI Sragen mempunyai Akreditasi LAM PT Kes dengan nilai “B” yang berlaku hingga desember hingga tahun 2020, selain itu Akper YAPPI juga terdapat program penyaluran kerja dan program tersebut merupakan keunggulan dari Akper YAPPI Sragen dan tidak dimiliki oleh kampus lainya sehingga orang tua wali tidak usah khawatir dan jangan ragu untuk menguliahkan putra putrinya ke Akper YAPPI Sragen” tutut beliau.
Dikesempatan yang sama Septy Nur Aini, S. Kep, Ns. M. Kep dalam sambutanya menyampaikan terkait makna dari logo bhakti husada kepada kepada mahasiswa. Ali Ahmadi dalam sambutanya menyampaikan pesan kepada Akper YAPPI Sragen agar senantiasa dapat meningkatkan mutu khususnya akreditasi ke depanya.
Diakhir kegiatan Akper YAPPI mengadakan sarasehan antara akademik dan orang tua wali mahasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan sambung rasa, Tanya jawab dan berbagi informasi antara akademik dan orang tua wali mahasiswa. Orang tua wali terlihat antuasisme mengikuti kegiatan tersebut. salah satu perwakilan orang tua wali mahasiswa menyampaikan ucapan terima kasih kepada akademik karena telah mendidik putra putrinya selama ini. Harapan orang tua wali agar pihak kampus menambah kerjasama antara kampus dengan Klinik, Rumah Sakit ataupun lembaga lain agar mahasiswa lebih cepat mendapat pekerjaan. Selain itu orang tua wali berharap menambah muatan keislaman yang ada di AKper YAPPI Sragen.
Perlu diketahui bahwa Akper YAPPI Sragen saat ini sudah bekerjasama untuk penempatan kerja dengan RS. Bina Husada Cibinong Bogor, Klinik pratama Wyanda Medika, Klinik Al Fattah, Hikari, Bahana Inspirasi Muda. Ke depan semoga Akper YAPPI Sragen mampu menambah jumlah MoU sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu alumni dalam mendapatka pekerjaan.
By. Mr. D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *